Berdiri

1951

Menjadi lembaga pendidikan Kristen yang holistik, inspiratif, dan berprestasi dengan sepenuh hati bagi Tuhan serta sesama.

Melaksanakan proses pendidikan yang menekankan siswa, pengajar, dan staf lainnya, serta pengurus, mampu mengenal, menumbuhkan, dan menggunakan, serta menikmati, seluruh potensi yang Tuhan sudah berikan sebagai berkat-Nya, sehingga dirinya secara pribadi dan bersama menjadi berkat bagi orang lain.

Greetings to prospective students & parents,
We heartily thank you for visiting our homepage

PPPK Petra exists in the world of education since April 22, 1951, continues to grow and never stops to raise the concept of education with the values ​​of Christ. A truly Christian education is invaluable in which is the reason we joined GAA (Global Accreditation Association) and implement it in the process of teaching and learning activities, so that the students not only get the knowledge but also the value of God’s words.

It will create an environment of respect for God, His Words and His authority, which will lay foundations of discipline, moral values and a work ethic that will benefit the students in preparing for their future.

PPPK Petra continues to update significant teaching programs needed such as coaching and mentoring, A-Level, Mathematics and Science in English, Entrepreneurship, Mandarin, Robotics, and many other skills that we facilitate in excellent life skills activities (ELS) and of course accompanied by Character Building education that equips students in confronting the challenges of the future which are increasingly competitive.

The learners, ranging from playgroup to high school, are not only equipped with academic excellence, but also with Christian & spiritual values, morals, and ethics, which are affiliated with Young Life, California. The value Inside of its value teaches responsibility and service. It also encourages the students to help others, undertake community services and voluntary work during their time at school to understand their places in the wider community and their civic duties to society as a whole.

Petra’s School is affiliated not only with Primary and Secondary schools in many countries, Guang Xi University for Mandarin teaching and learning, but also Dongseo University in Busan, Korea for learning Korean Language and Culture. It maintains relationships with other Christian schools in Hong Kong and America as well. It is our pride to be able to help our students get to a higher level and get a proud job.

PPPK Petra presents schools for highly professional educating and services for young students to enter upon the world stage. Thank you for trusting us. Remember nothing is impossible if you have your mind set on fulfilling your dreams.

To God be the glory,

Dr. Ir. J. Heryanto, MS, MBA.
Chairman of the Board

Jumlah Sekolah

35 Sekolah di Surabaya dan Sidoarjo

KANTOR SEKRETARIAT PPPK PETRA

Sejarah PPPK Petra

Preloader
  • 2020

    PPPK Petra membuka SMP Kristen Petra Acitya di Pondok Tjandra Indah Sidoarjo

  • 2012

    PPPK Petra membuka KB Kristen Petra 11 di Jalan Dukuh Kupang Timur, Surabaya. PPPK Petra membuka KB Kristen Petra 12 di Jalan Monginsidi, Surabaya.

  • 2011

    PPPK Petra membuka KB Kristen Petra 9 di Jalan Jemur Andayani, Surabaya.

  • 2010

    TK dan SD Kristen Petra 7 menempati gedung baru di Jalan Kalianyar, Surabaya.

    PPPK Petra membuka kelompok bermain (KB) Kristen Petra 5 di Galaxy Bumi Permai, Surabaya. PPPK Petra membuka KB Kristen Petra 7 di jalan Kalianyar Surabaya. PPPK Petra membuka KB Kristen Petra 13 di kompleks Pondok Tjandra Indah, Surabaya.

  • 2004

    SMA Kristen Petra 1 dari Jalan H.R. Muhammad pindah lagi ke Graha Family, Surabaya.

  • 2001

    TK dan SD Kristen Petra 5 dari Jalan Pucang Anom Timur pindah ke Galaxy Bumi Permai, Surabaya.

  • 2000

    SMP Kristen Petra 2 menempati gedung baru di Jalan Embong Trengguli, Surabaya.

  • 1999

    TK Kristen Petra 13 di Pondok Tjandra Indah menempati gedung sendiri (terpisah dari SD Kristen Petra 13).

  • 1995

    SMA Kristen Petra 5 menempati gedung sendiri di Jalan Jemur Andayani, Surabaya.

  • 1991

    SMA Kristen Petra 1 dari Jalan Kalianyar dipindah ke Jalan H.R. Muhammad, Surabaya. Sekolah petang menjadi sekolah pagi, dengan kepala sekolah Dra. Maria Suhertin. TK Kristen Petra 9 di Jalan Jemur Andayani menempati gedung sendiri (terpisah dari SD Kristen Petra 9).

  • 1990

    PPPK Petra membuka SMA Kristen Petra 5 di Jalan Jemur Andayani, Surabaya. Meminjam beberapa kelas di SMP Kristen Petra 5, dengan kepala sekolah Drs. Dirgo Wiloso Darmo.

  • 1988

    PPPK Petra membuka SMA Kristen Petra 4 di Jalan Monginsidi, Sidoarjo dengan kepala sekolah Drs. Rusdiarsa. SMP Kristen Petra 1 dari Jalan Embong Wungu, dipindah ke Jalan H.R. Muhammad, Surabaya. Sekolah petang menjadi sekolah pagi.

  • 1987

    PPPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 13 di Pondok Tjandra Indah, Sidoarjo, dengan kepala sekolah Ibu Lusiana Budiharja. PPPK Petra membuka SMP Kristen Petra 5 di Jalan Jemur Andayani, Surabaya, dengan kepala sekolah Drs. Onis Simus Mosooli.

  • 1985

    PPPK Petra membuka SMP Kristen Petra 4 di Jalan Monginsidi, Sidoarjo, dengan kepala sekolah Drs. Rusdiarsa.

  • 1984

    PPPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 10 di Jalan Darmo Harapan, Surabaya dengan kepala sekolah Ibu Octivia Ibrahim. PPPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 11 di jalan Dukuh Kupang Timur, Surabaya, dengan kepala sekolah Ny. Arie Jami Suwarso, B.A. TK dan SD Kristen Petra 12, dan dipindah ke Jalan Monginsidi, Sidoarjo, dengan kepala sekolah Dra. Soekarti.

  • 1983

    TK dan SD Kristen Petra 9 pindah ke Jalan Jemur Andayani, Surabaya. PPPK Petra membuka TK dan SD di Sidoarjo dengan mengontrak sebuah gedung di Jalan A. Yani, Sidoarjo. PPPK Petra membuka SMA Kristen Petra 3 di Jalan Kalianyar. Dan SMA Kristen Petra 2 secara resmi pindah ke jalan Manyar Tirtoasri Raya, Surabaya.

  • 1982

    PPPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 9 dengan meminjam aula STM Kristen Petra, dengan kepala sekolah Ibu Susan Felawati Istanto.

  • 1980

    PPPK Petra membuka SMP Kristen Petra 3 dan SMA yang merupakan “kelas jauh” dari SMA Kristen Petra 2 (Jalan Kalianyar) di Jalan Manyar Tirtoasri Raya, Surabaya.

  • 1979

    PPPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 7 di Jalan Kalianyar, Surabaya, dengan kepala sekolah Ibu E.S. Handijanto. TK dan SD Kristen Petra 4 dari Jalan Kapasan dipindah ke Jalan Kalianyar, Surabaya (petang hari), dengan kepala sekolah Ibu Njoo Bing Tien. Tahun 1991, posisi kepala sekolah digantikan oleh Ibu Januartin Tjandra. Sekolah ini akhirnya ditutup pada tahun 1996.

  • 1975

    STM Kristen Petra pindah dari Jalan Tanjung Anom ke Jalan Jemur Andayani, Surabaya.

  • 1974

    PPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 6 (petang hari) di jalan Pucang Anom Timur, Surabaya, dengan kepala sekolah Ibu Retno Iswandari, B.A.. Sekolah ini akhirnya ditutup pada tahun 1996.

  • 1972

    PPPK Petra membuka SD Kristen Petra 5 di Jalan Pucang Anom Timur, Surabaya, dengan kepala sekolah Ny. E.P. Siahaya, kemudian digantikan oleh Dra. Tjoa Hwa Nio.

  • 1971

    PPPK Petra membuka TK Kristen Petra 5 di jalan Pucang Anom Timur, Surabaya, dengan kepala sekolah Ibu Kuntjayanti, kemudian digantikan oleh Dra. Tjoa Hwa Nio.

  • 1970

    PPPK Petra membuka STM Kristen Petra jurusan mesin di Jalan Tanjung Anom, dengan kepala sekolah Drs. Soelkan.

  • 1968

    SMA Kristen Petra 1 (sekolah siang) dibawah pimpinan kepala sekolah Bapak H.J. Songan, dan SMA Kristen Petra 2 (sekolah pagi) di bawah pimpinan kepala sekolah Bapak M.P. Jamin, menempati gedung di Jalan Kalianyar, Surabaya.

  • 1968

    PPPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 4 (petang hari) di Jalan Kapasan, Surabaya, dengan kepala sekolah Ibu Njoo Bing Tien.

  • 1968

    SMP Kristen Petra 1 (sekola siang) dipimpin oleh Bapak H. Laning selaku kepala sekolah, dan SMP Kristen Petra 2 (sekolah pagi) dipimpin oleh Bapak I Gusti Nyoman Djoena selaku kepala sekolah, menempati gedung di Jalan Embong Wungu, Surabaya.

  • 1964

    PPPK Petra membuka TK dan SD Kristen Petra 3 (petang hari) di Jalan W.R. Supratman, Surabaya, dengan sekolah Ibu Januartin Tjandra. Sekolah ini akhirnya ditutup pada akhir tahun ajaran 1991.

  • 1961

    PPPK Petra mendirikan dan membuka Universitas Kristen Petra.

  • 1959

    PPPK Petramendapat hibah dari Vereniging Gereformeerd Onderwijs di Jalan Kalianyar, Surabaya. Membuka SMP “kelas jauh” dari SMP Kristen Petra 2, dan SMA C dipimpin oleh kepala sekolah Baak Enang Hadiwijono.

  • 1958

    PPPK Petra ditunjuk oleh Inspeksi Pendidikan Asing (IPA) untuk mengambil alih Sekolah Chiu Kuang di Jalan Kapasan, dan membuka TK dan SD Petra 2, dengan kepala sekolah Ny. Lien Kian Lok, kemudian digantikan oleh Ny. E.P. Siahaya. Sekolah ini akhirnya ditutup pada tahun 1997.

  • 1958

    PPPK Petra mendapat hibah dari Stichting Nederlands Onderwijs (Sekolah Dasar Nassau School) di bawah VOICS di Jalan W.R. Supratman, Surabaya, kemudian menjadi TK dan SD Kristen Petra 1, dengan kepala sekolah Ny. Gouw Loe Liong, kemudian digantikan oleh Ibu Enny Chandra, B.A.

  • 1955

    PPPK Petra membuka SMA Kristen Petra 2 (pagi hari) di jalan Embong Wungu, Surabaya, dengan Kepala Sekolah Bapak Bhe Hok Liong dan wakil Kepala Sekolah Bapak M.P. Jamin.

  • 1954

    Pada tanggal 22 April 1954, BPPK-THKTHK secara resmi menjadi Perhimpunan Pendidikan dan Pegajaran Kristen Petra (PPPK Petra)

  • 1952

    VOICS menyerahkan Christelijke Mulo kepada BPPK-THKTKH, kemudian menjadi SMP Kristen Petra 2, dengan kepala sekolah Bapak M.P. Jamin.

  • 1951

    Badan Pendidikan dan Pengajaran Tiong Hoa Kie Tok Kauw Hwee (BPPK-THKTKH) yang didirikan oleh tujuh tokoh Kristen dari gereja THKTKH membuka SMP dan SMA pada petang hari (sekolah petang) dengan menyewa lima ruang kelas pada Christelijke Mulo milik VOICS (Vereniging tot Oprichting en Instandhouding van Christelijke Scholen) di Jalan Embong Wungu, Surabaya. Sekolah-sekolah tersebut kemudian menjadi SMP Kristen Petra 1 dan SMA Kristen Petra 1. Kepala Sekolah kedua sekolah ini Bapak Bhe Hok Liong.

STUDENT LEARNING OUTCOMES

Petra memberikan beberapa program penunjang kesehatan yang bertujuan untuk memantau dan meningkatkan perkembangan fisik siswa dalam mendorong gaya hidup sehat. Program penunjang kesehatan yang umumnya merupakan bagian dari kurikulum di tingkat sekolah meliputi pendidikan, pemantauan, dan pelatihan, dalam perkembangan dan perawatan tubuh manusia serta memelihara kebugaran fisik.

Emotional Intelligence melengkapi siswa dengan kompetensi emosional yaitu:

  1. Self-awarness – kemampuan seseorang untuk memahami emosi pribadinya dan mengenali bagaimana instingnya dapat mempengaruhi keputusan yang ia buat.
  2. Self-management – melibatkan emosi dan dorongan hati seseorang, serta kemampuannya untuk beradaptasi terhadap lingkungan yang terus berubah.
  3. Social-awarness – kemampuan untuk merasakan, memahami, dan bereaksi terhadap emosi orang lain.
  4. Relationship management – kemampuan untuk menginspirasi, mempengaruhi, dan membuat orang lain menjadi lebih baik.

Kami percaya bahwa setiap anak memiliki keunikan dan keistimewaan karena Tuhan memperlengkapi setiap anak dengan bakat dan talenta yang berbeda-beda. Menyadari pentingnya bakat dan talenta para siswa, PPPK Petra menyediakan berbagai macam program dan kegiatan untuk mengembangkan potensi para siswa. Program pengenbangan talenta PPPK Petra bertujuan untuk memotivasi para siswa agar fokus dalam menemukan dan mengembangkan potensi serta bakat mereka secara penuh, sehingga para siswa dapat menjadikan hidup mereka lebih bermakna dan menjadi berkat bagi orang di sekitarnya.

Kami percaya bahwa penanaman nilai-nilai moral kristiani sejak dini akan menolong anak-anak memiliki nurani dan spiritualitas yang kokoh, yang memampukan mereka menghidupi kehidupan kristiani yang holistik, untuk membangun kehidupan yang bermakna, bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara.

Untuk menghadapi tantangan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan saat ini, penting bagi siswa untuk dibekali dengan keunggulan akademis. Keunggulan akademis merupakan kemampuan untuk melakukan, mencapai, dan unggul dalam kegiatan akademik sekolah. Keunggulan akademik diukur dari prestasi yang dicapai di berbagai bidang akademik. Kami memberikan jaminan pendidikan berkelanjutan bagi para siswa untuk dapat mencapai keunggulan akademik di berbagai bidang yang sesuai minat siswa.

EDUCATION BEYOND ACADEMICS

“Beyond Academics” merupakan kampaye kami yang bertujuan untuk meremajakan citra kami di tengah-tengah masyarakat sebagai sekolah kristen terkemuka dengan program pendidikan holistik. Lebih dari sekedar berfokus pada keunggulan akademis, kami memberikan pendidikan abada ke-21 yang lebih maju bagi generasi masa depan.