Prestasi2020-06-29T07:42:17+07:00

PRESTASI PPPK PETRA

International Chemistry Olympiad (IChO) 2020

International Chemistry Olympiad (IChO) atau yang biasa disebut Olimpiade Kimia Internasional, pada tahun ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda dari biasanya. Pandemi COVID-19 menyebabkan banyak kegiatan menjadi terhambat pelaksanaannya, termasuk IChO kali ini. Namun, pihak penyelenggara IChO pada tahun ini memutuskan untuk tetap melaksanakan dengan menggunakan sistem remote access exam.

Sistem ini baru pertama kali digunakan sepanjang sejarah IChO. Bagaimana cara kerjanya? Biasanya peserta dari berbagai negara berkumpul di negara tuan rumah untuk berkompetisi, namun pada tahun ini peserta harus berkompetisi dari negara masing-masing. Dengan kondisi seperti ini, tentu tidak memungkinkan adanya tes praktikum, sehingga hanya tes teori yang menjadi penentu hasil pemenang.

Sebelum mengikuti IChO, ada tiga tahap pelatnas yang harus dilewati. Pelatnas I untuk IChO 2020 ini diadakan di Bandung dan diikuti oleh peraih medali OSN tahun 2019. Setiap hari kami diberi materi oleh dosen Kimia ITB dan juga beberapa alumnus IChO tahun sebelumnya. Setiap selesai pemberian materi, kami diberi tes, karena pada dasarnya pelatnas ini juga merupakan seleksi. Pada pelatnas I ini, saya sempat jatuh sakit dan berpikir tidak akan lolos. Akan tetapi karena kemurahan Tuhan, saya masih bisa lolos ke pelatnas II bersama dengan tiga belas peserta lain.

Pelatnas II pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19. Pelatnas dilakukan secara online. Saya merasa pelatnas ini sangatlah ketat, karena banyak peserta lain yang hebat. Tesnya pun dilakukan secara daring dengan cara mengirim scan hasil jawaban ke e-mail dosen. Sungguh merupakan mukjizat dari Tuhan! Saya (Ivan Candra Gunawan dari SMA Kristen Petra 2) dan Steven William (SMA Kristen Petra 1) dapat lolos pelatnas ini dan menjadi anggota perwakilan Indonesia dalam IChO 2020. Sebelum mengikuti IChO, kami mengikuti pelatnas III terlebih dahulu sebagai persiapan terakhir yang juga diadakan secara daring.

Tibalah waktu yang ditunggu. Tanggal 25 Juli 2020, dilaksanakan tes teori. Saya dan Steven mengerjakan tes ini di Hotel Sheraton Surabaya, sedangkan dua anggota perwakilan Indonesia lainnya yang berasal dari Jakarta mengerjakannya di Swiss-Belhotel Bogor. Selama mengerjakan, kami diawasi oleh satu pengawas dari dosen setempat, dan juga diawasi via Zoom oleh pihak penyelenggara. Tes ini dilaksanakan selama lima jam dengan jumlah soal yang banyak, sehingga membutuhkan kecepatan dalam mengerjakannya. Pengumuman hasil lomba dilaksanakan pada upacara penutupan. Puji Tuhan! Steven William berhasil meraih medali perunggu, dan saya meraih medali perak.

Kami sangat bersyukur kepada Tuhan, karena kasih karunia Tuhanlah kami berhasil meraih medali perak dan perunggu dalam International Chemistry Olympiad 2020. Kami juga berterima kasih kepada Kepala SMA Kristen Petra 1 dan Kepala SMA Kristen Petra 2, bapak dan ibu guru, teman-teman sekolah, serta orang tua kami atas dukungan dan doanya. Tidak lupa juga, kami berterima kasih kepada pembina dan pengajar di Litbang PPPK Petra yang telah membimbing dan mengajar kami selama ini.

oleh: Ivan Candra Gunawan

 

Olimpiade Sains Nasional 2019

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 berlangsung dari tanggal 30 Juni – 6 Juli 2019. Kali ini, Manado menjadi tuan rumah OSN 2019 untuk jenjang SMA, sedangkan Yogyakarta sebagai tuan rumah untuk jenjang SD dan SMP. Pada hari Minggu siang tanggal 30 Juni 2019, para peserta OSN 2019 mulai berdatangan di kota tempat OSN berlangsung, baik di Manado maupun Yogyakarta. Mereka siap mengikuti ujian teori dan praktik di OSN 2019 yang akan berlangsung mulai hari Selasa, tanggal 2 Juli 2019.

Dilansir dari website Kemendikbud (https://www.kemdikbud.go.id/), peserta OSN 2019 jenjang SMA berjumlah 685 siswa, SMP berjumlah 408 siswa, dan SD berjumlah 272 siswa. Ada sembilan bidang lomba yang dipertandingkan untuk jenjang SMA, yaitu: Fisika (79 peserta), Kimia (74 peserta), Biologi (77 peserta), Matematika (77 peserta), Astronomi (72 peserta), Geografi (77 peserta), Kebumian (77 peserta), Komputer/Informatika (75 peserta), dan Ekonomi (77 peserta). SMP memperlombakan tiga bidang, yaitu: IPA (136 peserta), IPS (136 peserta), dan Matematika (136 peserta). SD memperlombakan dua bidang, yaitu: IPA (136 peserta) dan Matematika (136 peserta).

Para peserta tingkat nasional ini sebelumnya telah lolos seleksi dalam Olimpiade Sains Kota/Kabupaten (OSK), kemudian diseleksi lagi dalam Olimpiade Sains Provinsi (OSP) yang berlangsung pada bulan April 2019.

Provinsi Jawa Timur mengirimkan peserta SMA sebanyak 61 siswa (tujuh belas di antaranya adalah siswa PPPK Petra), peserta SMP sebanyak 15 siswa (satu di antaranya adalah siswa PPPK Petra bidang IPA), dan peserta SD sebanyak 10 siswa (sayangnya untuk kali ini, perwakilan PPPK Petra hanya sampai tingkat OSP). Pada jenjang SMA, Jawa Timur menempati peringkat ke-3 dari 34 provinsi yang mengikuti OSN 2019 dengan perolehan 38 medali, dengan rincian 5 emas, 19 perak, dan 14 perunggu. Untuk jenjang SMP, Jawa Timur menempati peringkat ke-5 dengan raihan 12 medali, terdiri atas 2 emas, 3 perak, dan 7 perunggu. Untuk jenjang SD, Jawa Timur menempati peringkat ke-2 dengan raihan 9 medali, terdiri atas 1 emas, 3 perak, dan 5 perunggu. Secara keseluruhan, Jawa Timur menempati peringkat ke-4 nasional di bawah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Berikut ini tabel 5 besar perolehan medali secara keseluruhan:

PERINGKAT PROVINSI EMAS PERAK PERUNGGU TOTAL
1 DKI JAKARTA 21 24 25 70
2 JAWA BARAT 11 19 21 51
3 BANTEN 9 14 23 46
4 JAWA TIMUR 8 25 26 59
5 JAWA TENGAH 8 13 20 41

Untuk OSN 2019 ini, siswa-siswi PPPK Petra yang mengikuti jenjang SMA meraih 12 medali dengan rincian 4 emas, 4 perak, dan 4 perunggu. Sedangkan untuk jenjang SMP, meraih satu medali perunggu.

Medali Emas:

  1. OSN bidang studi Matematika oleh Kensias Kristanto dari SMA Kristen Petra 5.
  2. OSN bidang studi Kimia oleh Steven William dari SMA Kristen Petra 1 (Absolute Winner, Best Experimen, Best Theory).
  3. OSN bidang studi Astronomi oleh Vincent Sean Farrell dari SMA Kristen Petra 2.
  4. OSN bidang studi Kebumian oleh Christopher Wilbert dari SMA Kristen Petra 2.

Medali Perak:

  1. OSN bidang studi Kimia oleh Ivan Candra Gunawan dari SMA Kristen Petra 2.
  2. OSN bidang studi Komputer/Informatika oleh Steven Adrian Gracia dari SMA Kristen Petra 1.
  3. OSN bidang studi Kebumian oleh Eillen Theodora dari SMA Kristen Petra 2.
  4. OSN bidang studi Geografi oleh Marcell Reynaldo Setio dari SMA Kristen Petra 1.

Medali Perunggu:

  1. OSN bidang studi Matematika oleh Timothy dari SMA Kristen Petra 1.
  2. OSN bidang studi Fisika oleh Daniel Rahmatcipta Yudhodihardjo dari SMA Kristen Petra 1.
  3. OSN bidang studi Astronomi oleh Damianus Clairvoyance Diva Putra dari SMA Kristen Petra 1.
  4. OSN bidang studi Ekonomi oleh Samuel Theophilus Artha dari SMA Kristen Petra 2.
  5. OSN bidang studi IPA SMP oleh Kevin Lius Bong dari SMP Kristen Petra 1.

Kami mengucapkan selamat dan terima kasih untuk para siswa, pelatih, pendamping, guru, kepala sekolah, serta orang tua yang terus memberikan dukungan bagi putra-putrinya. Kiranya nama Tuhan dipermuliakan melalui prestasi siswa-siswi PPPK Petra.

CHAMPION JRBL EAST JAVA SERIES 2019–2020 (SMP KRISTEN PETRA 3)

Sabtu, 8 Februari 2020 membuat SMP Kristen Petra 3 kembali mengulang memori juara dalam kompetisi JRBL pada tahun 2015. Tim basket putra SMP Kristen Petra 3 kembali mendapatkan gelar juara dalam kompetisi Junior DBL East Java Series 2019-2020. Hal ini mereka dapatkan usai mengalahkan SMPN 12 Surabaya dengan skor akhir 51-39. Dalam pertandingan ini squad SMP Kristen Petra 3 tampil menekan sejak awal quarter, hal ini terlihat dari akhir quarter kedua squad SMP Kristen Petra 3 mampu unggul dengan skor 30-11. Memasuki paruh ketiga dan keempat squad SMPN 12 menekan balik pertahanan dari SMP Kristen Petra 3, namun berkat kerja sama dan kekompakan dari tim SMP Kristen Petra 3 mereka berhasil mempertahankan keunggulan hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan ditiup. Dalam pertandingan ini performa apik dari Raffael Panji, dan Daniel Delin sukses membuat mereka berdua masuk dalam first team Junior DBL East Java Series 2019-2020. Lewat kemenangan ini membuat dua sekolah Petra yaitu SMP Kristen Petra 1 dan SMP Kristen Petra 3 sukses menjuarai kompetisi Junior DBL East Java series 2019-2020 baik dalam basket putra maupun basket putri.