Tetap Harumkan Nama Sekolah di Tengah Pandemi

PPPK Petra Beri Penghargaan untuk Siswa Berprestasi

Masa pandemi tidak menghalangi semangat siswa-siswi berbakat PPPK Petra untuk meraih prestasi yang gemilang. Terbukti dalam perolehan medali kejuaraan bidang keilmuan di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2020 ini. Setiap tahun Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen (PPPK) Petra memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para siswanya yang mengharumkan nama sekolah bahkan Indonesia.

Namun, seremoni penghargaan bagi siswa-siswi berprestasi di jenjang SMP dan SMA tahun ini dilakukan secara berbeda, melalui zoom meeting dengan siswa dan orang tua, yang dapat disaksikan secara live streaming melalui kanal Youtube PPPK Petra pada tanggal 25 November 2020 lalu. Tak hanya apresiasi, PPPK Petra memberikan hadiah berupa pembebasan biaya sekolah bergantung prestasi yang diraih para siswa.

Tahun ini PPPK Petra berhasil menyabet 19 medali dalam kompetisi nasional dan internasional. Pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang diadakan secara online (dulu Olimpiade Sains Nasional/OSN) meraih dua belas medali. siswa SMA Kristen Petra 2 dan 4 berhasil meraih empat emas pada bidang studi matematika, kebumian dan informatika/komputer. Sedangkan pada  matematika, kimia, ekonomi, dan biologi meraih empat perak, siswa-siswi SMA Kristen Petra meraih perunggu di bidang kimia, ekonomi, dan informatika/komputer. Untuk KSN jenjang SMP, medali emas pada bidang IPA diraih oleh siswa SMP Kristen Petra 1, pada bidang matematika, siswa SMP Kristen Petra 3 meraih medali perak.

Pada tingkat internasional, kompetisi juga dilaksanakan secara online. Medali emas diraih oleh seorang siswa SMA Kristen Petra 1 saat kompetisi International Mathematical Olympiad (IMO), Rusia. Juga ada dua siswa SMA Kristen Petra yang lain meraih Honorable Mention dalam kompetisi tersebut. Sedangkan pada International Chemistry Olympiad (IChO), Turki, dua siswa meraih masing-masing satu medali perak dan perunggu.

Ketua I Dewan Pengurus PPPK Petra Dr Ir J Heryanto MS MBA menyampaikan ungkapan syukur kepada Tuhan yang selalu menyertai usaha dan kerja keras para siswa, PPPK Petra, dan juga dukungan dari orang tua. “Teruslah berkarya, teruslah berjuang demi masa depan kalian, jagalah nama baik orang tua dan PPPK Petra”, pesannya untuk para siswa. 

“Sebagai wujud terima kasih kami atas capaian prestasi itu, PPPK Petra memberikan penghargaan yang sesuai dengan prestasi yang telah diraih oleh masing-masing siswa. Semoga penghargaan ini memacu semangat untuk adik-adik kelas kalian”, ujar Kepala Penelitian dan Pengembangan PPPK Petra, Drs. Lianto Atmojo.

Pada sesi testimoni orang tua, Nety orang tua dari Aaron Alvarado yang meraih medali emas di IMO mengucapkan terima kasih kepada PPPK Petra atas dukungan yang diberikan kepada para siswa tidak hanya persiapan secara materi pembinaan tetapi juga mental. Guru-guru juga mendukung sehingga setelah mengikuti kompetisi anak-anak tidak ketinggalan pelajaran. “Sehingga anak-anak juga termotivasi untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan PPPK Petra”, tambahnya. Hal senada juga disampaikan oleh Vany Buntoro orang tua dari Kevin Lius Bong dan Kendrick Lius Bong yang meraih medali perak dan emas di KSN. “Saya sebagai orang tua ikut belajar untuk berproses. Menempatkan anak-anak dalam lingkungan yang positif. Menjadi manajer yang baik buat anak, selalu koordinasi dengan pihak sekolah, dan semua itu hanya dapat terjadi atas kehendak Tuhan saja”, jelasnya.

Aaron Alvarado siswa peraih medali emas di IMO memberikan testimoni pengalamannya mengikuti kompetisi mulai tingkat SD, SMP, dan SMA di tingkat nasional dan internasional, tidak selalu berhasil meraih juara. Semua itu adalah cara Tuhan untuk belajar dan berlatih lebih giat lagi. “Pesan saya untuk adik-adik kelas. Giatlah berlatih dan jangan mudah menyerah. Tantang dirimu dengan target yang tinggi. Jangan mau kalah, pecahkan rekor, raih prestasi yang lebih baik dari kakak kelasmu. Kalian pasti bisa!”, ujarnya.

Testimoni kedua dari Eillen Theodora siswa peraih medali emas bidang kebumian di KSN. Pengalaman pertama mengikuti OSN 2019 meraih medali perak. Semua yang telah diraih tidak lepas dari dukungan keluarga, sekolah, teman-teman, dan pertolongan Tuhan semata. “Kalian harus berusaha dan jangan pernah putus asa. Apabila kalian menyertakan usaha dan doa, maka Tuhan akan berikan yang terbaik untuk kalian semua” tuturnya kepada siswa-siswi lain.

Terakhir, ada Timothy William siswa peraih medali perak bidang Matematika di KSN yang menceritakan pengalaman pertama mengikuti KSN mulai persiapan, seleksi hingga pencapaian prestasinya. “Pembinaan yang diadakan PPPK Petra sangat bagus dan bermanfaat untuk mengembangkan bakat dan minat para siswa sejak dini. Saya berharap dengan adanya pembinaan ini, akan semakin banyak teman atau adik-adik kelas yang bisa mengikuti dan memenangkan lomba-lomba di berbagai bidang sehingga bisa mengharumkan nama baik Petra di tingkat nasional bahkan internasional”, terangnya.